Rabu, 16 Oktober 2019 

Tingkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Penuh Berkah

30/08/2010 – 09:54
Buka puasa bersama Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI di Aula Perwakilan, (29/8)

Buka puasa bersama Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI di Aula Perwakilan, (29/8)

Palu – Hukum Humas
Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI pada hari Minggu, 29 Agustus 2010, menyelenggarakan pengajian memperingati Nuzulul Qur’an atau hari diturunkannya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW yang dirangkai dengan acara buka puasa bersama. Kegiatan yang berlangsung di Aula Perwakilan tersebut diikuti oleh seluruh keluarga besar pegawai perwakilan.

Dalam siraman rohani yang disampaikan oleh Ustad Drs. Abjan Jauhar, dijelaskan bahwa Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hiro’ dalam bulan yang penuh barokah yaitu tanggal 17 Ramadhan. Al Qur’an merupakan penyempurna dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya yaitu Kitab Taurat (Nabi Musa), Kitab Zabur (Nabi Daud) dan Kitab Injil (Nabi Isa).

Menurut Ustad Abjan, ayat pertama yang diturunkan Allah SWT yaitu Surat Al Alaq Ayat 1 s.d. 5. Ayat tersebut memerintahkan kepada manusia untuk membaca atau terus belajar. Selain itu Ustad Abjan berpesan agar kita senantiasa rajin membaca Al Quran karena Allah telah menjanjikan pahala bagi yang membacanya. Terlebih pada bulan Ramadhan ini, Allah akan melipatgandakan pahala bagi yang rajin beribadah. Ustad Abjan juga mengajak kepada seluruh yang hadir agar senantiasa meningkatkan ibadah dan jangan menyia-nyiakan kesempatan istimewa tersebut karena belum tentu tahun depan kita masih berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Pengajian dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an yang dirangkai dengan acara buka puasa bersama tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Dadang Gunawan. Menurut Kepala Perwakilan, kegiatan buka puasa bersama merupakan kegiatan yang telah rutin dilaksanakan setiap tahun dan bertujuan untuk memberikan siraman rohani bagi para pegawai. Walaupun bernuansa keagamaan tetapi solidaritas tinggi ditunjukkan oleh pegawai yang beragama lain yaitu dengan membantu persiapan dan kelancaran acara tersebut. (kur)