Kamis, 27 Februari 2020 

Upacara Peringatan HUT BPK Ke-73 Tahun

20/01/2020 – 13:41

Palu, Senin 20 Januari 2020 – BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun BPK RI yang ke-73 Tahun. Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor BPK dan diikuti oleh seluruh Pegawai dilingkungan BPK Perwakilan Sulawesi Tengah. Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Perwakilan, Muhaimin, selaku Inspektur Upacara dan Kepala Subbagian Hukum, Riezkie Miyan, selaku Komandan Upacara.

HUT BPK RI ke-73 mengambil tema “Bersatu Padu, BPK Maju” dan diisi dengan pidato dari Ketua BPK RI, Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA, yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan. Dalam pidatonya Beliau menyampaikan dengan semangat persatuan, setiap unit kerja didorong bersinergi untuk menghasilkan energi besar dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas BPK kedepan. Melengkapi hal itu, BPK juga mengusung slogan dan paket program yang diberi judul “accountability for All” atau akuntabilitas untuk semua.

Beliau juga menyampaikan pada Akhir tahun 2019 ini ditutup dengan kebanggaan membuncah, dimana keputusan general assembly dari International Maritime Organization (IMO) memberikan mandat kepada BPK sebagai auditor eksternalnya. Hal ini menambah deretan pengakuan internasional kepada BPK, setelah sebelumnya mandat auditor eksternal juga diberikan oleh IAEA (Badan Pengawas Atom) dan IACA (Akademi Anti Korupsi).

Dalam pidatonya Beliau juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersatu padu, saling mendorong, saling menguatkan untuk kemajuan BPK. Sebagaimana John C Maxwell katakan : “Everyone has the potential to become an encourager. You don’t have to be rich. You don’t have to be a genius. You don’t have to have it all together. All you have to do is care about people and initiate.” Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pendorong. Anda tidak harus menjadi kaya. Anda tidak harus menjadi jenius. Anda tidak harus memiliki kesemua itu. Yang harus anda lakukan hanyalah peduli dan mulai mengerjakannya ! Dirgahayu BPK ! Selesai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan.