Rabu, 13 November 2019 

BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019

01/06/2019 – 11:02

Sabtu (01/06) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tengah, Muhaimin, memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019 sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara bendera yang diikuti oleh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah ini, Ronny Yohanes Masinambouw bertindak sebagai Komandan Upacara.

Inspektur Upacara membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019. BPIP adalah adalah institusi yang melakukan pembinaan ideologi Pancasila dengan tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalm wadah dan slogan “Bhineeka Tunggal Ika”.

Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayajn hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. (Fat)