Rabu, 16 Oktober 2019 

Tidak Gampang Menulis Laporan Pemeriksaan

09/06/2009 – 15:15

BPK - RI

PALU, HUKUM HUMAS —

Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI, Dadang Gunawan, di Aula Perwakilan, Senin (8/6) kemarin, membuka Diklat Teknik Penulisan Laporan Pemeriksaan yang diikuti pemeriksa di lingkungan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah. Minimnya pengetahuan pemeriksa BPK mengenai teknik penulisan yang informatif, akurat dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) menjadi latar belakang diselenggarakannya diklat tersebut.

“Kalau sekedar menulis laporan pemeriksaan itu gampang, tetapi menulis laporan pemeriksaan yang efektif, efisien, informatif dan sesuai dengan EYD, itu tidak gampang. Masih banyak pemeriksa ketika menulis laporan pemeriksaan belum memperhatikan kaidah-kaidah berbahasa yang benar,” ujar Dadang Gunawan ketika memberikan sambutan pembukaan dihadapan peserta diklat.

Menurut Kepala Perwakilan, waktu penyelenggaran diklat teknik penulisan laporan pemeriksaan ini sudah tepat karena bersamaan dengan jadwal kepulangan tim pemeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2008 dan bersamaan pula dengan waktu penyusunan laporan pemeriksaan.

Pemilihan waktu penyelenggaraan diklat yang bersamaan waktunya dengan jadwal kepulangan tim pemeriksa LKPD, menurut Kepala Perwakilan, memang disengaja. Tujuan diselenggarakannya Diklat Teknik Penulisan Laporan Pemeriksaan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemeriksa dalam penulisan laporan pemeriksaan yang informatif dan akurat. Selain itu juga untuk membantu pemeriksa menguasai teknik penulisan laporan yang efektif.

“Saya berharap setelah diklat ini, pemeriksa di Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah menguasai teknik penulisan laporan pemeriksaan yang efektif. Selain itu dengan adanya diklat ini saya menginginkan adanya sebuah panduan mengenai pola penulisan laporan pemeriksaan sehingga antara tim yang satu dengan tim yang lain tidak terdapat perbedaan dalam penulisan laporan pemeriksaan,” kata Dadang.

Diklat Teknik Penulisan Laporan Pemeriksaan ini menghadirkan pemateri lokal dari Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Kepala Seksi Sulteng IIB, I Kadek Suartama, S. E., M. Ak., Ak. (rsk)BPK - RIBPK - RI