Rabu, 16 Oktober 2019 

BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah Memperingati Hari Pahlawan Ke-70

17/11/2015 – 18:14

          5Pada hari selasa, 10 November 2015 BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan Ke-70 yang dilaksanakan di halaman kantor BPK Perwakilan Sulawesi Tengah. Bertugas sebagai inspektur upacara Kepala Subbagian SDM Andriyono Soewadhi, komandan upacara Toufan Toufiq Akbar Nurzaman, pembaca teks Pancasila Rio Prasetyo, pembaca Pembukaan UUD 1945 Nurhidayanto dan pembaca Pesan Pahlawan Nikko Anugrah Gusti.

          Inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial Khofiffah Indar Parawansa yang bertemakan “Semangat Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.6

          Tema amanat tersebut selaras dengan pesan para pahlawan, salah satunya yaitu Pahlawan Nasional Supriyadi yang mengatakan “Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi”. Amanat dan pesan pahlawan tersebut mengingatkan kita agar dapat menjadi insan Indonesia yang tulus dalam bekerja dan rela berkorban. Kita harus berusaha membangun Indonesia dengan cara menjalankan peran masing-masing di masyarakat dengan sebaik-baiknya sehingga tidak mengecewakan para pahlawan yang gugur demi mendapatkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upacara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Fatikhah Astri Amin.

47

 

 

8